Bertepatan dengan Ulang Tahun Presiden Jokowi ke-59 Hari Ini Gerhana Matahari Cincin

Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada Minggu (21/6/2020) hari ini yang dibarengi dengan terjadinya solstis juni. Pada hari ini, orang nomor satu di Indonesia yakni Presiden Jokowi juga berulang tahun ke 59. Seperti diketahui,Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan ( )dalam siaran persnya menjelaskan, tidak semua wilayah di belahan bumi akan dapat melihat Gerhana Matahari Cincin. Sebab hanya wilayah yang menjadi lintasan gerhana saja yang dapat melihat terjadinya gerhana cincin.

Saat terjadi gerhana matahari cincin nanti, akan terdapat dua bayangan bulan yang terbentuk yang disebut antumbra dan penumbra. Wilayah yang terlewati antumbra adalah wilayah dapat mengamati gerhana matahari cincin. Sementara wilayah penumbra akan gerhana yang teramati adalah gerhana matahari sebagian.

Saat gerhana matahari 21 Juni nanti, wilayah Indonesia akan mendapat bayangan penumbra. Sehingga gerhana yang terjadi berupa gerhana matahari sebagian. Namun tidak semua wilayah di Indonesia juga akan terkena penumbra, sehingga tidak semua wilayah Indonesia mengalami gerhana matahari sebagian.

Persentase ketertutupan matahari pun juga beragam di tiap daerah yang terkena punumbra. Lapan melalui akun Instagramnya menyebutkan daerah daerah yang mengalami GMS, berikut diantaranya. Ketertutupan kurang dari 10 persen:

Ketertutupan antara 10 20 persen: Ketertutupan antara 20 30 persen: Ketertutupan antara 30 40 persen:

Ketertutupan antara 40 50 persen: Tidak mengalami gerhana: DataLembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), lintasan gerhana matahari cincin akan melewati benua Afrika, Asia hingga Samudera Pasifik.

Beberapa negara yangmenjadi jalur gerhana matahari cincin yakni,Kongo bagian Utara, Republik Demokratik Kongo (dahulu dikenal sebagai Zaire) bagian Barat Laut, Sudan Selatan, Ethiopia bagian Utara, Eritrea. Negera di benua Asia diantaranya Yaman, sebagian Arab Saudi bagian Timur, Oman, Pakistan bagian Selatan, India bagian Utara, Daerah Otonomi Tibet, Tiongkok bagian Selatan (Sichuan, Guizhou, Hunan, Jiangxi dan Fujian/Hokkien), Tiongkok Taipei (dahulu dikenal sebagai Taiwan) dan berakhir di Kepulauan Guam. Negara negara tersebut akan dapatmelihat gerhana matahari cincin.

Gerhana Matahari Cincin pada 21 Juni 2020 juga dinamakan Cincin Api Solstis. Dinamai demikian dikarenakan Gerhana Matahari Cincin bertepatan dengan Solstis Juni 2020. Dalam tiap tahun terjadi dua kali Soltis yakni Solstis Juni dan Solstis Desember.

Solstis Juni terjadi sekitar tanggal 21 Juni saat kutub utara bumi menghadap matahari. Sementara Solstis Desember terjadi sekitar 21 Desember saat kutub selatan bumi menghadap metahari. Seperti diterangkan LAPAN dalam , pada 21 Juni 2020, matahari berada pada posisi paling Utara terhadap khatulistiwa langit ketika tengah hari sebelum akhirnya berbalik ke arah Selatan.

Solstis Utara (Northern Solstice) atau Solstis Juni (June Solstice) menjadi penanda awal musim panas di belahan Bumi Utara dan awal musim dingin di belahan Bumi Selatan secara astronomis. Peristiwa gerhana matahari cincin yang berbarengan dengan terjadinya soltis merupakan peristiwa langka. LAPAN menerangkan, Cincin Api Solstis cukup langka dialami karena terjadi terakhir kali pada 21 Juni 1648 (Gerhana Matahari Sebagian atau GMS hanya dialami di Sumatera dan Kalimatan untuk wilayah Nusantara).

Peristiwa ini akan terulang lagi pada 21 Juni 2039 atau 19 tahun dari sekarang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Minggu (21/6/2020), genap berusia 59 tahun. Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 itu mendapat banyak ucapan selamat dan doa dari para netizen di media sosial.

Salah satu ucapan selamat datang dari komposer ternama, Addie MS. Melalui akun Twitter nya @addiems dia menulis. "Selamat ulang tahun, [email protected] jokowi," kicau Addie.

Aktivis media sosial Denny Siregar melalui akunnya @Dennysiregar7 juga menyampaikan ucapan yang sama. "Selamat ulang tahun ke 59, pakde @jokowi. Teruslah bekerja membangun negeri. Jangan hiraukan kadrun2 yang gentayangan dan terus memfitnah, mereka biar jadi urusan kami.. " tulis Denny. Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman di twitter [email protected] juga menulis ucapan ulang tahun untuk Presiden Jokowi.

"Selamat ulang tahun ke 59 (Minggu, 21 Juni 2020) Presiden @jokowi panjang umur, selalu sehat & berbahagia bersama keluarga, selalu dalam bimbinganNYA memimpin bangsa yang besar ini Republik Indonesia menuju kemajuan & kejayaannya di dunia, " tulisFadjroel. Hingga minggu dini hari, belum diketahui agenda Jokowi di hari ulang tahunnya. Berkaca pada tahun tahun sebelumnya, Jokowi biasanya tak pernah merayakan hari ulang tahun.

Tahun lalu Jokowi sempat mengatakan tidak pernah merayakan ulang tahun selama hidupnya. "Terima kasih untuk segala perhatian, doa, dukungan, dan amanah yang tercurah dari seluruh rakyat kepada saya dan keluarga.Selama ini saya tidak pernah merayakan hari ulang tahun. Tidak perlu ada pesta, kecuali rasa syukur kehadirat Allah SWT, dan negeri yang menanti kerja bersama kita semua.Sekali lagi, terima kasih, " tulis akun @jokowi 2019 lalu, Mantan Gubernur DKI itu justru biasanya memilih menghabiskan hari jadinya dengan blusukan ke sejumlah tempat.

Namun di tengah pandemik Covid 19, Jokowi jarang blusukan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *