Pemkab Kudus Jawa Tengah Berkomitmen Menjadi Kota yang Ramah Disabilitas

infomuria.com kali ini akan membahas mengenai kebijakan Pemerintah Kabupaten Kudus Jawa Tengah yang menyatakan komitmennya untuk membangun Kudus menjadi kabupaten yang ramah bagi para penyandang disabilitas.

“Tentunya komitmen Pemerintah Kabupaten Kudus menjadi kabupaten yang ramah disabilitas bukan hanya sekedar jargon saja, tapi akan dioptimalkan supaya diimplementasikan secara nyata di ranah publik,” kata Pj Bupati Kudus M. Hasan Chabibie.

Secara aturan, memang sudah ada, namun harus mempunyai komitmen untuk mendorong supaya terlaksana pada berbagai level, baik untuk pelayanan publik, industri, dan beberapa aspek penting lainnya.

Ia mengungkapkan bahwa komitmen untuk mendukung Kudus menjadi kabupaten ramah disabilitas ini termasuk upaya untuk meneruskan program-program dari pemimpin yang sebelumnya. Bahwa, secara fondasi dari sisi aturan juga program, sudah ada pada beberapa tahun sebelumnya dan kini dapat dilanjutkan serta difokuskan supaya tepat sasaran.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan OPD dan jajaran terkait mengenai bagaimana cara mengimplementasikan hal ini,” tambahnya. Apalagi, kata dia, sebelumnya di Kudus Jawa Tengah juga sudah pernah ada sebagian dari program Pemkab Kudus yang memberikan ruang untuk hak-hak dasar para penyandang disabilitas.

Oleh karena itu, imbuh dia, pihaknya ingin supaya semua OPD dan jajaran terkait, juga ikut mengimplementasikan program-program yang memberikan kenyamanan bagi mereka semua, baik itu dari sisi infrastruktur publik, atau pelayanan terkait.

Disampaikannya juga, bahwa pemahaman serta komitmen untuk mengimplementasikan kota yang ramah disabilitas ini sangat penting, dalam rangka kemanusiaan “Hal ini sejalan dalam rangka kemanusiaan. Kami akan terus berupaya mendorong kebijakan yang memberikan kemaslahatan publik. Nantinya akan kami tinjau pada program-program terkait, lalu memberikan penekanan eksekusi program untuk ramah disabilitas,” ujarnya.

Sebelumnya, Dr M Hasan Chabibie sudah bertemu dengan para anggota Forum Komunikasi Disabilitas Kudus atau FKDK di Desa Besito, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Pada pertemuan itu Hasan Chabibie juga memberikan penjelasan mengenai bagaimana semangat hidup dapat dibangun.

Keterbatasan bukanlah hal yang harus dijalani dengan rasa kecewa, namun dapat dijadikan sarana supaya lebih bersemangat, mandiri, dan kreatif dalam menjalani kehidupan ini.

Anjas Pramono, perwakilan FKDK mengaku berterima kasih akan kehadiran Pj Bupati Kudus sebab acara rutin yang digelar FKDK dapat dihadiri oleh pejabat tinggi di Kudus baru yang pertama, maka anggota FKDK memperoleh kesempatan untuk menyalurkan aspirasi.

Anjas Pramono juga sebagai tuan rumah dalam pertemuan itu, menyambut gembira kehadiran Pj Bupati Kudus, Dr M Hasan Chabibie. “Baru kali ini acara rutin yang digelar FKDK dihadiri oleh pejabat tinggi Kudus Jawa Tengah, bahkan kami juga diberi kesempatan untuk menyalurkan aspirasi,” ungkapnya.

Baca berita menarik dan terbaru lainnya di infomuria sebagai media online Kudus Jawa Tengah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *